Pesona Wisata Pulau Leebong – Pulau Belitung merupakan pulau yang dikelilingi lautan, disekitarnya banyak terdapat pulau-pulau kecil yang indah dan eksotis. Salah satu dari pulau itu bernama Pulau Leebong (Klebong). Pulau Leebong adalah sebuah pulau kecil yang terletak di pantai barat Pulau Belitung. Sebuah pulau yang dipersiapkan khusus untuk tujuan wisata dan petualangan dengan lokasi yang tidak biasa.

Untuk menuju ke Pulau Leebong, dari Pusat Kota Tanjungpandan wisatwan bisa menuju Pelabuhan Tanjung Ru, berjarak sekitar 33 kilo meter bisa ditempuh lebih kurang 40 menit perjalanan. Sepanjang perjalanan menuju ke Pelabuhan Tanjung Ru, wisawatan akan disuguhkan dengan pemandangan pantai dan laut yang berada disisi barat Pulau Belitung dengan view Pulau Mendanau. Jalan menuju ke Pelabuhan Tanjung Ru juga terbilang sangat baik, karena merupakan akses jalan nasional.

Pulau Leebong

Naik Perahu Motor

Tiba di Pelabuhan Tanjung Ru, wisatawan akan menggunakan perahu motor yang melayani trip ke Pulau Leebong. Perahu motor berkapasitas 10 sampai dengan 30 orang penumpang. Tentu saja perahu motor tersebut dilengkapi dengan life jaket untuk keselamatan bersama.

Pulau Pasir

Pemberhentian pertama sebelum menuju Pulau Leebong adalah Pulau Pasir. Terletak dibagian selatan dari Pulau Leebong. Pulau Pasir memiliki keindahan yang luar biasa, karena gugusan pasir yang bersih putih nan halus menghiasi disepanjang hamparannya. Pulau ini hanya akan muncul ketika kondisi air laut sedang surut. Pulau Pasir terdapat jembatan untuk pemberhentian perahu motor dan juga gazebo untuk bersantai. Tidak jauh dari gazebo terdapat ayunan, wisatawan bisa bermain di ayunan tersebut sambil bercengkrama dengan wisatawan lainnya.

Pulau Pasir

Pulau Leebong

Menuju Pulau Leebong wisatawan akan disuguhi pemandangan hutan mangrove di sepanjang sisi pelabuhan. Dari tempat ini anda hanya perlu berjalan sekitar 100 meter ke pusat kegiatan pantai yang terdiri atas rumah-rumah kayu beratap daun, khas suasana pulau. Tempat ini menghadap pantai pasir putih dimana sekaligus tersedia sarana olah raga air seperti kayak/kano, standing pedal kayak, water bicycle, dan lainnya.

Akitivitas di Pulau Lebong

Aktivitas utama selama berada di pulau adalah hunting foto, sigh seeing, snorkeling, berenang, kayak, sepeda, sepeda air, stand up paddle, dan banana boat. Wisatawan yang berkunjung ke Pulau Leebong juga bisa menikmati keindahan matahari terbenam dari atas gazebo yang berada diujung pelabuhan Pulau Leebong.

Sebelah selatan Pulau Leebong terdapat sebuah pantai bernama pantai chikas. Pantai chikas memiliki hamparan pasir putih yang halus. Diepannya terdapat beberapa gazebo yang berada diatas laut. Wisatawan bisa mengunjungi gazebo tersebut dengan jalan kaki lebih kurang 100 meter. Jangan khawatir, menuju gazebo ini airnya dangkal dan berpasir, sehingga sangat mudah untuk berjalan. ( baca juga : Hotel Terbaik di Belitung )

Gazebo Pantai Chikas

Villa dan Rumah Pohon

Fasilitas menginap di Pulau Leebong terbilang sangat baik sekali. Di Pulau ini anda bisa memilih menginap atau hanya sekedar wisata satu hari tanpa menginap. Bagi wisatawan yang akan menginap di Pulau Leebong, terdapat beberapa pilihan seperti rumah pohon, villa dan juga tenda. Anda yang suka berpetualang bisa memilih tenda untuk menginap. Sementara anda yang membawa keluarga bisa memilih villa atau rumah pohon.

Restoran Pulau Leebong

Selain memiliki tempat wisata yang mempesona, Pulau Leebong juga memilik sebuah resto yang berada di pinggir pantai. Menu seafood segar siap menggoyang lidah wisatawan yang berkunjung ke Pulau Leebong. di pulau ini juga terdapat mini market yang kebutuhan sehari-hari wisatawan.

Wisatawan yang akan berkunjung ke Pulau Leebong, bisa memesan Paket Wisata Pulau Leebong pada agent travel wisata di Belitung. – Pesona Wisata Pulau Leebong