Danau Kaolin Belitung, Tempat Wisata Terbaik – Pulau Belitung bukan cuma jadi surganya pantai eksotis di Indonesia, Pulau Belitung juga memiliki tempat wisata bukan pantai yang wajib wisatawan kunjungi saat liburan ke Belitung. Salah satunya Danau Kaolin di Tanjung Pandan, Belitung.

Sebelum ke sana, yuk simak dulu ada apa aja di Danau Kaolin Belitung!

Danau Kaolin

Bekas Tambang

Uniknya Danau Kaolin di Pulau Belitung karena terbuat akibat aktifitas pertambangan mineral kaolin yang masih aktif. Kerukan dari aktifitas penambangan kaolin menyebabkan terbentuknya danau-danau buatan yang berisi air berwarna biru karena gradasi dari dasar danau yang berwarna putih. Keindahan danau kaolin di Belitung banyak memikat wisatawan untuk berkunjung ke tempat wisata ini.

Gunung Pasir

Hasil pencucian mineral kaolin menjadi tailing, tailing tersebut membentuk sebuah gunung pasir yang tinggi. Tumpukan pasir hasil pencucian mineral kaolin menjadi gunung putih yang apabila dilihat dari kejauhan seperti gunung salju. tentu saja pemandangan ini menjadi daya tarik wisatawan untuk melihat Danau Kaolin.

Lokasi Strategis

Danau Kaolin terletak di Desa Aik Rayak Kecamatan Tanjungpandan Belitung. Lokasi ini tentunya sangat dekat sekali dari pusat Kota Tanjungpandan, termasuk dekat juga dari  Bandara Tanjungpandan. Bagi wisatawan yang menginap di Kota Tanjungpandan, bisa datang ketempat ini pagi ataupun sore hari. Danau Kaolin juga dekat dengan berbagai tempat wisata lainnya seperti Pantai Tanjung Tinggi dan Pantai Tanjung Kelayang. ( Baca juga : Liburan ke Belitung, bagaimana caranya? )

Aktifitas Yang Bisa Dilakukan di Danau Kaolin

Danau Kaolin sudah terkenal di kalangan fotografer sebagai salah satu tempat sempurna berburu sunrise maupun sunset. Selain pemandangannya, pagi dan sore hari jadi waktu yang tepat untuk datang ke sini, karena suhu pada siang hari bisa sangat panas.

Di sekitar danau, kamu bisa menemukan pedagang makanan dan minuman. Setelah lelah berkeliling, minum air kelapa di tepi danau jadi hal yang paling menyenangkan.

Menuju Danau Kaolin dari Pusat Kota Tanjungpandan wisatawan bisa menempuhnya dalam waktu 10 menit saja. Enaknya lagi, berkunjung ke Danau Kaolin tidak dipungut biaya masuk, karena kawasan ini belum dikelola pemerintah.

Kendaraan umum yang menuju ke arah sini belum terlalu banyak, sehingga disarankan membawa kendaraan pribadi. Setelah mengetahui informasi tempat wisata di Danau Kaolin Belitung di atas, jadi kapan mau ke Danau Kaolin? – Danau Kaolin Belitung, Tempat Wisata Terbaik