5 Rekomendasi Kegiatan Seru Di Pulau Belitung – Berwisata ke Pulau Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung wisatawan memerlukan strategi jitu untuk mengatur kegiatan dan tempat wisata yang akan dikunjungi. Biasanya liburan ke Pulau Belitung membutuhkan waktu 1 sampai dengan 3 hari. Untuk itu dibutuhkan rencana dan jadwal kegiatan wisata yang akan dilakukan selama berwisata.

Kegiatan apa saja yang bisa dilakukan selama berwisata di Belitung?

  1. Menyantap Kuliner Gangan

Gangan adalah makanan tradisional khas Pulau Belitung, memiliki ciri khas kuahnya yang berwana kuning, biasa disajikan dengan ikan laut ketarap bagian kepala atau bisa juga menggunakan ikan kakap merah. Tidak lupa ditambah dengan irisan buah nanas segar. Pada dasarnya, penampakan gangan ini serupa dengan sup ikan yang kuahnya kuning lantaran didominasi dengan bumbu kunyit dan cabe merah.

Saat berkunjung ke Pulau Belitung, wisatawan wajib mencoba dan menikmati sensasi makan gangan. Beberapa resto banyak menyediakan gangan, wisatawan tinggal memilih resto mana yang akan dijadikan tempat menikmati gangan, bagi wisatawan yang suka pantai, bisa menikmati gangan di resto yang ada di pinggir Pantai Tanjung Kelayang.

Gangan, Masakan Tradisional Belitung

 

  1. Nongkrong di Warung Kopi Belitung

Selain menikmati keindahan wisata alam di Pulau Belitung, bagi wisatawan yang suka ngopi, sangat cocok untuk mengunjungi beberapa warung kopi yang ada di Belitung. Warung kopi yang sangat populer di Belitung adalah warung kopi kongdjie. Berdiri sejak tahun 1943 sampai sekarang, warung kopi ini masih tetap eksis bertahan dengan citarasa yang tidak berubah. Buka dimulai jam 05:00 sampai dengan jam 02:00. Untuk harga tiap secangkir kopi susu Rp 10.000. selain kopi susu, tersedia menu lain seperti teh susu, coklat, san aneka kue tradisional Belitung.

 

  1. Mandi di Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi adalah Pantai yang berada di bagian utara Pulau Belitung. Keunikan pantainya yang banyak terdapat susunan batu granit raksasa siap membuat mata wisatawan terpana. Pantai Tanjung Tinggi juga memiliki air laut yang jernih dan ombak yang tenang, sehingga sangat cocok untuk wisatawan untuk mandi dan berenang di Pantai ini.

Pantai Tanjung Tinggi

 

  1. Snorkeling di Pulau Lengkuas

Snorkeling adalah aktifitas melihat terunbu karang dan ikan-ikan dengab mengambang diatas permukaan air laut. Alat yang digunakan untuk snorkeling yaitu masker snorkeling, kacamata, dan pelampung. Kegiatan snorkeling bisa wisatawan lakukan saat berwisata ke Pulau Lengkuas. Untuk menuju ke Pulau Lengkuas, bisa menggunakan perahu motor dari Pantai Tanjung Kelayang.

Snorkeling di Pulau Lengkuas

 

  1. Mengunjungi SD Muhammadiyah Laskar Pelangi

SD Muhammadiyah Laskar Pelangi terletak di Kecamatan Gantong, Belitung Timur. Bangunan reyot ini merupakan replika dari SD Muhammadiyah yang diceritakan didalam novel Laskar Pelangi. Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi dibangun untuk syuting berbagi series Laskar Pelangi serta untuk dijadikan sebagai wisata mengenang perjuangan 10 bocah Laskar Pelangi yang berjuang untuk mendapatkan pendidikan. ( Baca juga: Rekomendasi Hotel Terbaik di Belitung )

SD Laskar Pelangi

Nah diatas adalah beberapa kegiatan yang bisa wisatawan lakukan saat berkunjung ke Pulau Belitung. Pastikan wisatawan menyusun dan mengagendakan rencana tempat wisata dan kegiatan yang akan dilakukan selama berkunjung ke Pulau Belitung. Bagi wisatawan yang tidak suka repot, bisa memesan paket wisata yang menyediakan kunjungan dan kegiatan ketempat wisata seperti diatas. – 5 Rekomendasi Kegiatan Seru Di Pulau Belitung