13 Tempat Wisata di Belitung Wajib Dikunjungi – Kehadiran film Laskar Pelangi di Pulau Belitung memberikan dampak positif terhadap perkembangan wisatawan ke Pulau yang berjuluk Negeri Laskar Pelangi ini. Selain itu, Pulau Belitung memiliki pesona keindahan pantai dan pulau-pulau. Berikut kami rangkum 13 destinasi wisata yang wajib dikunjungi wisatawan saat akan berlibur ke Pulau Belitung:

Pulau Lengkuas

  1. Pulau Lengkuas

Dari beberapa pulau yang berada di sekitar Pantai Tanjung Kelayang, kemungkinan Pulau Lengkuas sebagai bintangnya. Selain terkenal dengan spot snorkelingnya, di pulau ini ada mercusuar sebagai daya magnet khusus untuk beberapa pelancong yang bertandang ke Belitung. Mercusuar yang tingginya 18 lantai ini berdiri kuat di tengah Pulau Lengkuas.

Tidak hanya mercusuar, tempat snorkeling di Pulau Lengkuas harus dicoba untuk yang hoby mencari kecantikan alam bawah laut. Ikan-ikan nemo dengan bermacam warna dan terumbu karang yang cantik jadi suguhan panorama yang ada pada pulau ini. Capek berkeliling-keliling di Pulau Lengkuas, pengunjung bisa nikmati bermacam makanan laut yang dapat diminta di seputar pulau. Nikmati kulineran sekalian santai melepaskan penat di tepi pulau jadi kesenangan tersendiri sewaktu ada di pulau ini.

Lokasi : Tanjung Kelayang, Kec. Sijuk, Kab. Belitung.

  1. Pulau Burung

Pulau Burung atau Pulau Burong, berada di pantai Utara Belitung di seberang pantai desa nelayan Tanjung Binga. masih termasuk daerah dari Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung Barat. Luas pulau lebih kurang 2 hektar, dikitari pasir putih dan batu-batuan granit yang menyebar di pantai dan laut di seputar pulau. Satu pulau yang pantas untuk jadi tempat lama-lama nikmati tenangnya situasi pantai yang jauh dari keributan. Pulau Burung Belitung adalah salah satunya tempat wisata alam yang memikat di wilayah prov. Kepulauan Bangka Belitung. Keunggulan lain tempat rekreasi Pulau Burung Belitung ini ialah perairannya yang dangkal dan jernih. Disamping itu pantai di pulau ini mempunyai pasir putih yang halus hingga pengunjung dapat bermain diatasnya tak perlu cemas terluka lantaran karang tajam. Ombak pantainya tidak terlalu besar dan condong tenang hingga pas untuk pengunjung yang pengin santai nikmati ketenangan pantai. Pantai di pulau ini dapat disebut tidak sama dengan beberapa pantai disekelilingnya sebab mempunyai teritori pantai yang luas dan bersih. Alam di pulau ini benar-benar alami. Ada banyak pohon ketapang yang ditanamkan supaya lebih menghadirkan kesan-kesan hijau dan teduh.

Lokasi : Tanjung Binga, Kec. Sijuk, Kab. Belitung.

  1. Danau Kaolin

Penampilan dari Danau Kaolin kerap disimpulkan selaku surga dunia yang terselinap. Dibagian permukaan danau terlihat warna biru pekat, tapi dibingkai oleh dataran dengan warna pasir yang putih berkilau.

Dibagian tengah danau ada seperti bukit kecil yang disebut gundukan tanah beku. Anda dapat bermain air sepuasnya sebab danau ini mempunyai air yang mengandung mineral tinggi yang umum dipakai selaku bahan kosmetik.

Lokasi : Aik Rayak, Tanjung Pandan, Kab. Belitung.

  1. Batu Mentas

Bila jemu dengan tujuan wisata pantai, Anda dapat berpindah ke Batu Mentas yang disebut satu teritori rimba lindung. Dalam rimba ini ada beberapa macam satwa yang lucu dan sangat jarang, misalnya Pelile’an.

Situasi di rimba ini terlihat benar-benar asri sebab di sekitarnya terdapat banyak beberapa pohon membubung tinggi dengan bermacam tipe. Bila berkunjung Batu Mentas, tiap pengunjung dapat nikmati dua hal, satwa lucu dan situasi asri pohon-pohon.

Lokasi : Kelekak Datuk, Kec. Badau, Kab. Belitung.

  1. Wisata Laskar Pelangi

Bukan rahasia kembali jika film Laskar Pelangi sanggup membuat Belitung jadi benar-benar populer. Jadi tidak bingung sampai pada akhirnya tampil tempat wisata satu ini. SD yang dahulunya selaku tempat shooting, disihir jadi tempat seperti museum.

Didalamnya ada bermacam koleksi mengenai film Laskar Pelangi. Dimulai dari novelnya, lukisan, aksesori, sampai bermacam hiasan yang terkait dengan film. Seluruh diatur seperti museum dengan benar-benar cantik.

Lokasi : Lenggang, Kec. Gantung, Kab. Belitung Timur.

  1. Pantai Tanjung Kelayang

Antara beberapa pantai yang lain, Tanjung Kelayang ialah yang terbagus dalam tampilkan panorama eksotis. Dimulai dari terumbu karang, bebatuan besar, sampai pasir putih yang demikian lembut jadi keelokan yang dapat dicicipi oleh beberapa pengunjung.

Antiknya, tiap batu-batuan mempunyai wujud yang nyaris seperti bermacam hal seperti sofa, wujud hati, dan ada banyak kembali. Bila Anda mempunyai hoby photografi maka memperoleh hasil memberikan kepuasan jika memakai pantai ini selaku object.

Lokasi : Pantai Tanjung Kelayang, Kec. Sijuk, Kab. Belitung.

  1. Bukit Berahu

Apa Anda memerlukan tempat yang tenang dan rileks? Bila iya karena itu Berahu ialah jawabnya. Bukan hanya mempunyai sarana komplet, bukit ini punyai panorama visual yang demikian menarik.

Di sekitar ada kolam renang yang ukuran tidak begitu luas. Jejeran pohon kelapa yang membubung tinggi jadi nilai plus dari bukit satu ini. Anda dapat lakukan rekreasi dengan keluarga sekalian nikmati panorama yang eksotis.

Lokasi : Tanjung Binga, Kec. Sijuk, Kab. Belitung.

  1. Pulau Pasir

Sesuai namanya, pulau ini populer dengan pasir putihnya yang halus. Bahkan juga lebih halus dibanding pantai yang lain. Antiknya, dibagian tengah pulau ada peristiwa yang cukup mengagetkan, yaitu ada pulau kecil di tengah-tengah laut.

Masalahnya pulau kecil itu cuman akan tampil saat sedang pasang saja dan akan raib waktu kering. Pulau ini pada umumnya mempunyai perairan yang dangkal hingga pengunjung dapat bebas bermain air.

Lokasi : Pulau Pasir, Kec. Sijuk, Kab. Belitung.

  1. Pantai Burung Mandi

Burung Mandi adalah salah satunya object wisata unggulan Belitung yang paling dicintai oleh pelancong. Daya magnet dari tempat wisata satu ini ialah sebab di dekat gunung yang cantik, disajikan panorama pantai yang tidak kalah memikat.

Pantai itu diberi nama dengan Burung Mandi yang mempunyai bentangan pasir putih benar-benar luas. Di sekitar pantai ada beberapa ratus tipe pohon pinus yang siap membuat situasi jadi benar-benar teduh, Anda dapat ambil photo yang instagramable di dekat pantai ini.

Lokasi : Damar, Kec. Damar, Kab. Belitung Timur.

  1. Pulau Batu Berlayar

Diberi nama selaku Batu Berlayar sebab dalam Pulau ini ada skema batu granit yang cukup unik. Ada dua tipe bebatuan granit sama ukuran besar yang membuat serupa seperti kapal akan melaut. Itu kenapa pulau ini sama dalam kata melaut.

Pulau ini benar-benar sangat kecil, tapi keelokannya tidak disangsikan kembali. Airnya benar-benar jernih dan tidak begitu dalam hingga siapa dapat lakukan beberapa rutinitas air tanpa ada perlu takut. Ada pula bentangan pasir putih lembut yang makin menambahkan keelokan dari pulau ini.

Lokasi : Jl. Tanjung Kelayang, Kec. Sijuk, Kab. Belitung.

  1. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Belitung mempunyai keunikan berbentuk batu-batuan sama ukuran besar dan ada di tepi pantai. Beberapa pengunjung umumnya jadikan bebatuan itu untuk tempat duduk atau ambil photo estetik.

Ombak yang lembut ditambah lagi pasir putih yang halus, makin menambah situasi pantai jadi benar-benar membahagiakan. Bahkan juga sekedar hanya sekedar duduk di tepi pohon yang berada di pantai ini akan membuat situasi hati lebih baik.

Lokasi : Dusun Keciput, Kec. Sijuk, Kab. Belitung.

  1. Pulau Leebong

Antara beberapa pulau yang lain di Belitung, Leebong ialah yang terbanyak dikunjungi oleh beberapa pelancong. Pulau ini mempunyai sarana selingan yang paling komplet, seperti fasilitas olahraga, snorkeling, jet ski, banana boat, dan standing seperti.

Tak perlu cemas dengan permasalahan alatnya sebab petugas sudah sediakan beberapa alat untuk dikontrakkan. Di tengah pulau ada jembatan kecil yang sering jadi selaku spot photo. Keelokan pulau ini sanggup membius siapa yang menyaksikannya.

Lokasi : Pegantungan, Kec. Badau, Kab. Belitung.

  1. Bukit Batu Baginde

Tidak hanya menyebar di sebagian besar pantai Belitung, batu-batuan granit itu banyak juga diketemukan di darat. Salah satunya yang paling besar ialah Batu Baginda. Belitung dan batu-batuan granit besarnya benar-benar dua hal yang tidak dipisahkan. Kedatangan granit-granit raksasa ini jadi keunikan yang membuat beda dari tujuan-destinasi rekreasi alam lain di Indonesia. Ditambah lagi saat granit-granit yang berumur 247 juta tahun itu bersandingan pasir putih yang lembut dan biru lautan yang menentramkan.

Nah, itu 13 destinasi wisata terbaik di Belitung yang dapat mengisi agenda liburan anda di Pulau Belitung menjadi lebih menarik. Kebanyakan tempat wisata benar-benar didominasi oleh pantai, tapi masing-masing pantai mempunyai kecantikan yang paling ciri khas.